Sabtu, 01 Oktober 2011

Etika Profesi

1. Pengertian Etika

Etika adalah aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antar sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Etika berasal dari bahasa Yunani , Ethos yang artinya norma – norma, nilai – nilai, kaidah – kaidah dan ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik.

2. Pentingnya Etika di dunia maya

Diantaranya:
1. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin saja memiliki budaya, nahasa dan adat istiadat yang berbeda – beda. Bahkan dalam satu negara pun tentunya masing – masing pribadi anggotanya punya sifat, cara bicara, cara menulis, dan rasa humor yang berbeda – beda.

2. Pengguna internet merupakan orang – orang yang hidup di dalam dunia anonymause, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi. Hal itu membuat kita tidak saling mengenal dalam arti yang sesungguhnya atau bahkan satu penghuni dunia maya mungkin tidak akan pernah bertatap muka dengan penghuni yang lain.

3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dlam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal – hal yang tidak seharunya dilakukan, antara lain dengan pengiriman surat berantai, iklan yang tidak sesuai konteks, provokasi ke diskusi yang tidak sehat, materi yang menyinggung orang lain atau yang lebih extream adalah penyimpanan virus aau worm secara sengaja dalam e-mail yang dikirimkan.

4. Harus diperhatikan bahwa pengguna internet yang selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya penghuni baru di dunia maya tersebut. Mungkin saja penghuni baru itu tidak mengetahui bagaimana mereka harus melakukan pergaulan internet secara baik dan benar. Untuk itulah mereka perlu diberikan petunjuk agar memahami budaya internet.

3. Hubungan Etika, Filsafat dan Ilmu Pengetahuan.

Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang berfungsi sebagai interpretasi tentang hidup manusia, yang tugasnya meneliti dan menentukan semua fakta konkret samapai pada yang paling mendasar. Etika merupakan bagian dari filsafat, yaiutu filsafat moral.

Dalam konteks etika sebagai filsafat dan ilmu pengetahuan ini, perlu dilakukan pemisahan antara etika dan moral. Yaitu bahwa etika adalah ilmu pengetahuan, sedangkan moral adalah objek ilmu pengetahuan tersebut.

4. Perbedaan Etika dan Moral

Menurut saya ada perbedaan.
Etika merupakan refleksi kritis dan rasional mengenai nilai dan norma moral yan menetukan dan terwujud dalam sikap dan perilaku hidup manusia.
Sedangkan.

Moral mengandung petuah – petuah, nasihat, wejangan, peraturan, perintah turun – temurun melalui suatu budaya tertentu.

5. Bagaimana pengaruh etika dalam menghadpi tantangan informasi dimasa yang akan datang.

Perkembangan teknologi yang terjadi dalam kehidupan manusia, seperti revolusi yang memberikan banyak perubahan pada cara berfikir manusia, baik itu dalam usaha pemecahan masalah, perencanaan, maupun juga dalam pengambilan keputusan.
Para pakar ilmu kognitif telah menemukan bahwa ketika teknologi mengambil alih fungsi – fungsi mental manusia. Pada saat yang sama, terjadi kerugian yang diakibatkan oleh hilangnya fungsi – fungsi tersebut dari kerja mental manusia.

Seperti contoh dengan munculnya teknologi komputer, maka manusia yang eharusnya diuntungkan oleh berfungsinya jejak – jejak memori akibat otak dan mental seperti berfikir, menghitung dan merencanakan sesuatu, harus “kehilangan” jejak tersebut karena sebagian tugasnya sudah “diambil alih” komputer.

0 komentar:

Posting Komentar

My Visitor

free counters
 
Candra Personal Blog powered by blogger.com
Design by Free7 Blogger Templates Simple Clean